Saturday, January 20, 2007

ARSITEKTUR WIFI PADA WINDOWS VISTA

Windows vista menyertakan arsitektur WiFi sebagai bagian inti dari teknologi jaringan. Hal ini memberikan banyak kemudahan dalam pengimplementasian pada merek,jenis hardware yang berbeda serta dukungan driver kartu WiFi yang bisa diandalkan. bahkan pengguna dengan pengetahuan jaringan yang terbatas dapat mengontrol jaringan berikut dukungan keamanan yang lebih baik.

WFP adalah salah satu fitur terbaru yang terdapat dalam teknologi TCP/IP terbaru. Fitur ini berperan dalam pengaturan keputusan di berbagai tingkatan lapisan protokol TCP/IP. Dukungan terhadap keamanan jaringan seperti fire wall dan anti virus juga bisa ditemukan dalam fitur ini.

Pada versinya yang terbaru ini Windows Vista menyertakan 4 terobosan mutakhir yang sangat canggih dan tidak dimiliki oleh system operasi manapun, yaitu Kemudahan konektivitas, Keamanan yang lebih ketat, Kontrol yang lebih baik, Kesiapan skala yang lebih luas

Selama ini sering terjadi masalah dalam koneksi jaringan (disebabkan konfigurasi firewall yang berbeda) sehingga pemakai kerap frustasi. Pada akhirnya memerlukan bantuan teknisi dari luar yang berdampak terhadap biaya yang dikeluarkan. Hal yang baru dalam windows vista, segala sesuatunya ditampilkan dalam modus grafik yang akan mempermudah pemakai dalam mengeksplorasi,memantau, mendiagnosa dan memecahkan masalah yang muncul pada jaringan.

KEAMANAN

Beberapa waktu lalu jaringan computer di Indonesia sempat lumpuh akibat beredarnya virus local. Namun pada Windows Vista ternyata virus tersebut tidak mampu melumpuhkannya, karena Windows Vista sudah menyediakan firewall yang cukup baik dan mampu. Dalam hal, tugas seorang administrator untuk memeriksa komputer yang terhubung dalam jaringan. Hal ini bisa berupa penyandian data dan pemeriksaan otoritas komputer yang dimaksudkan melindungi jaringan dari pihak yang tidak berkepentingan. Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan NAP yang terdapat dalam windows server “longhorn”.keuntungan lainnya,NAP juga meningkatkan keamanan VPN serta Wireless.

KONTROL LEBIH BAIK

Bisnis menghendaki ketersediaan pelayanan yang lebih baik bagi penggunanya. Untuk itu organisasi Teknologi Informasi selalu dituntut untuk memberikan fasilitas teknologi Jaringan yang baru, seperti koneksi wireless dan multimedia sementara itu juga harus tetap memperhatikan keamanan, kehandalan dan pelayanan dengan baik. Windows vista memudahkan hal tersebut diatas dengan menyediakan control yang lebih baik pada jaringan. Kontrol terhadap firewall dan wireless bisa dilakukan melalui Group Policy dan modus text.

KESIAPAN

Saat ini masih banyak digunakan IP address versi IPv4. situasi ini membuat administrator kesulitan dalam mengimplentasikannya seperti NAT. hal ini disebabkan banyaknya ketidaksesuaian pada aplikasinya. Windows vista mendukung versi IPV6 sebagai solusinya. Windows vista juga mendukung driver bagi NIC untuk performa yang lebih baik.

KEMUDAHAN

Saat ini, pengguna lebih sering berpindah-pindah tempat dalam menjalankan aktivitasnya. Bisa dilakukan di kantor,rumah, airport, cafe dan dimana saja. Namun pengguna tetap menginginkan koneksi jaringan yang simple dan selalu bisa diandalkan. Windows vista bisa menyediakan itu semua bagi pengguna, seperti Network center. Dengan fasilitas ini antar muka grafik ini akan memudahkan pemakai dan akan memerikan penunjuk konektivitas komputer di dalam suatu jaringan. Kemudahan lain adalag bergabung dengan jaringan yang sudah ada tganpa harus seting yang sulit, dalam hal ini pemakai tinggal memasng WiFi atau NIC.

Kemudian kecanggihan lainnya adalah dengan koneksi antar komputer secara tertutup, diagnosa masalah dan solusi pada jeringan, aplikasi informasi perubahan koneksi jeringan, dan sebagainya. Namur demikian hal ini tentu saja memerlukan berbagai hal apabila Anda akan migrasi ke Windows Vista.

Referensi :
1. http://www.pranata.lipi.go.id/pranata/?p=185

No comments: