Saturday, February 10, 2007

Mengenal Pemograman Microsoft Office dengan VSTO

Pemograman Office bukanlah sesuatu yang baru didunia pemograman. Hingga saat ini penggunaan VBA dan Macro Recording adalah dua alternatif cara dalam pemograman Office yang telah ada semenjak beberapa tahun yang lalu. Pada beberapa kasus spesifik,kedua alternatif tersebut terkadang tidak memberikan solusi yang mencukupi bagi kebutuhan bisnis. Terdapat sekumpulan keterbatasan yang membuat pengguna bahkan developer harus menghela nafas akibat keterbatasan yang dimiliki kedua alternatif tersebut.
Macro Recording adalah fitur termudah dalam melakukan pemograman office. Pengguna hanya melakukan aksi aksi yang dilakukan sementara aplikasi akan menyimpan langkahlangkah pengguna dalam sebuah rekaman rutin yang disimpan dalam sekumpulan kode intruski. Keterbatasan penggunaan macro recording adalah sulitnya memodifikasi kode intruksi yang telah ada. Walaupun VBA dapat mengatasi permasalahan tersebut, namun pendekatan menggunakan VBA juga bukanlah pendekatan yang cukup efisien. Bayangkan saja berapa waktu seorang developer melakukan trace and edit kode VBA pada rekaman macro yang berdurasi cukup panjang.
Perkembangan Microsoft .NET 2.0 ditandai pula dengan sebuah kemajuan besar dalam Pemograman Microsoft Office dengan hadirnya VSTO (Visual Studio Tools for Office).VSTO memang bukanlah solusi gratis seperti halnya Visual Studio Express Family. VSTO adalah produk tersendiri yang dapat ditambahkan pada Visual Studio Professional 2005 atau telah terpasang secara default pada Visual Studio Team System 2005. Namun demikian kehadirannya dalam deretan keluarga Visual Studio 2005 memberi arti tersendiri tentang dukungan integrasi yang erat antara .NET dan produk Microsoft Office. Mungkin banyak yang bertanya apa kelebihan yang dimiliki oleh VSTO dibanding dengan pemograman Office menggunakan VBA, beberapa alasannya menggunakan VSTO adalah :

Dukungan pemograman multibahasa seperti VB.NET dan C#

Dukungan pemanggilan pustaka unmanaged pada office object melalui .NET PIA

(primary interop assembly) dengan ini developer dapat berkomunikasi dengan program Office object seperti menggunakan Action Pane, Smart tag, dsb pada Office.

Dukungan teknologi Smart Client dengan Windows Form. Dengan ini developer dapatmemasangkan kontrol ala windows form ke dokumen office.

Web Services, Databinding dengan ADO.NET dan tentunya masih banyak lagi fitur lainnya.

VSTO mendukung pemograman untuk empat anggota keluarga Microsoft Office 2003yakni,Microsoft Word,Microsoft Outlook,Microsoft Excel dan Microsoft Infopath.

referensi :

1. http://binaisv.net/files/17/download.aspx
2. http://binaisv.net/files/default.aspx
3. http://blog.msdn.com/ericlippert/
4. http://blogs.msdn.com/eric_carter/

No comments: