Saturday, February 10, 2007

Mengenal SQL Reporting Services

SQL Reporting Services adalah sebuah pencapaian yang istimewa, walaupun bukan sesuatu yang mengejutkan karena hanyalah masalah waktu bagi Microsoft untuk mewujudkannya. Tapi, sungguh - SQL Reporting Services adalah sebuah teknologi yang inovatif dan didesain dengan matang. Kehadiran Microsoft SQL Server 2000 Reporting Services pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004 hampir bersamaan dengan hingar-bingar rilis beta dari SQL Server versi berikutnya (SQL Server 2005 yang memiliki code-name Yukon). Komponen ini tidak hanya ditujukan untuk berkolaborasi dengan SQL Server 2005 tapi juga SQL Server 2000, dan ini tentunya membawa kabar gembira bagi para pengguna database versi tersebut yang jelas-jelas merupakan massa terbesar pengguna SQL Server pada saat ini. Pada kenyataannya kehadiran Reporting Services akan meramaikan partisipasi di arena solusi Reporting tools dan Business Intelligence (BI) khususnya untuk SQL Server dan Microsoft. Hal ini menempatkan Reporting Services pada persaingan langsung dengan pemain-pemain lama yang sudah mapan seperti Crystal Reports dari Business Objects, ActiveReports dari Data Dynamics dan Report Sharp-Shooter dari 9Rays.NET.

SQL Reporting Services adalah reporting platform yang komprehensif dimana laporan-laporan secara terpusat disimpan pada web server. Karena sifatnya ini, para pengguna menjalankan laporan dari satu tempat. Selain itu, pengembangan laporan juga lebih sederhana. Karena SQL Reporting Services berjalan di atas Microsoft .NET Framework, pintu terbuka lebar bagi integrasi yang tidak terbatas. Web Services (yang bukan hanya standar Microsoft, tapi juga menjadi standar industri) adalah mekanisme terbuka yang memungkinkan aplikasi-aplikasi berintegrasi menggunakan standar teknologi Internet HTTP, SOAP, UDDI, dan WSDL.

Sementara itu, di pasaran telah beredar produk-produk sejenis yang menawarkan fitur-fitur serupa. Produk lain pun menjalankan laporan pada web. Produk lain juga memungkinkan kustomisasi dilakukan dengan mudah, bahkan dengan tambahan beberapa pemrograman. Semua itu benar, tapi tidak ada produk reporting yang menjadi platform. Yang lebih penting adalah SQL Reporting Services meng-compile laporan-laporan ke dalam.NET assembly. .NET assembly adalah unit dari executable code yang dikelola oleh Microsoft .NET framework untuk menghasilkan optimasi selama proses eksekusi kode.

referensi
1. http://www.houseoflife.net/ssrs01.php
2. http://www.microsoft.com/sql/reporting/howtobuy/default.asp.


No comments: