Thursday, March 29, 2007

Konsep ASP (ACTIVE SERVER PAGE)

Pendahuluan
Active server page adalah fasilitas yang diberikan oleh Microsoft untuk memudahkan pembuatan aplikasi-aplikasi Web Server. Hal ini di mungkinkan dengan menggabungkan komponen-komponen Hyper Text Markup Language (HTML) dengan Visual Basic Script (VBScript). Sehingga di dalam sebuah halaman Web dengan Active Server Page terdapat bagian  HTML dan kode VBScript.

Kelebihan Active Server Page
Ada beberapa keuntungan yang diberikan oleh ASP yaitu :
1.    Mudah dalam mempelajarinya.
2.    Mudah dikembangkan dari sistem yang telah dimiliki
3     Tidak perlu kompilasi.
4.    Mudah menggabungkan dengan teknologi lain seperti CGI, DCOM, ActiveX dan lain-lain.
5.    Dengan ActiveX Data Object dan SQL  pembuatan Web Data Base menjadi lebih mudah.
6.   Memberikan fasilitas keamanan seperti session Object, cookie, dan fasilitas transaksi online yang aman dengan protokol SSL, semua dapat dilakukan dengan sedikit kode tambahan.
7.   Kode ASP tidak dapat di lihat pada client, hal ini di sebabkan oleh karena jika server menerima request file asp, maka file tersebut  diproses dahulu pada server dan yang di kirimkan adalah kode-kode HTML


Active Server Page


    Istilah script di maksudkan sebagai deretan perintah (command) yang akan dieksekusi oleh client ataupun server. Jika di eksekusi pada client maka di sebut client side.  Sedangkan jika pada server maka disebut server side. Dan selanjutnya fokus kita adalah Server Side Scripting.
    Script dalam sebuah halaman ASP di teruskan ke scripting engine pada server. Script engine adalah sebuah Object Component Object Model (COM) yang dipanggil untuk memproses script. Karena script engine dalam lingkungan Active Server Page adalah object COM, maka anda dapat menambahkan scripting engine tambahan untuk mendukung multiple bahasa scripting.
    Sebenarnya istilah antara scripting dan programming tidak perlu dipermasalahkan. Sebab ASP memanfaatkan kode-kode Visual Basic Script sebagai bahasa pemrogramannya.
    Script ASP dibuat sama dengan pembuatan file HTML, terdapat bagian bagian tag HTML, Head, Title, Body, bahkan dalam file ASP dapat diletakkan tag-tag HTML yang lain, kode VBSCRIPT, dan JavaScript. Selain itu script ASP dapat menggenerate kode HTML secara on the fly.
    Script Active Server Page dalam file ASP ditandai dengan awal tag <% dan di akhiri dengan tag %>, dan di antara tag tersebutlah kode VBScript diletakkan. Berikut adalah contoh untuk menampilkan tulisan 1 hingga 5 dengan ASP pada web browser.


Referensi :
1. onno.vlsm.org/v01/OnnoWPurbo/contrib/network/Aplikasi-Internet.doc


No comments: