Monday, March 26, 2007

Konsep Windows Vista

Windows Vista
Windows Vista adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.
Windows Vista memiliki daftar panjang untuk ratusan fitur-fitur baru, fitur-fitur yang diubahkan, dan fitur-fitur yang ditingkatkan kemampuannya.

Teknologi Inti windows vista
Windows Vista dimaksudkan untuk diluncurkan sebagai produk berbasis-teknologi, sebagai sistem yang solid yang mencakup teknologi-teknologi baru tingkat tinggi. Banyak di antaranya merupakan teknologi yang berkaitan dengan bagaimana sistem berfungsi, yang bekerja di belakang layar dan tidak terlihat oleh pengguna akhir.
-    Pembangunan ulang seluruh arsitektur audio, print, tampilan layar (display), dan stack jaringan
-    Protokol IPv6 yang juga bekerja bersama dengan IPv4
-    Struktur keamanan baru, termasuk BitLocker Drive Encryption
-    Peningkatan kemampuan memory manager dan process scheduler
-    System services dimasukkan sebagai sesi terpisah dan terisolasi, sementara proses User sebagai sesi yang berbeda.
-    Address Space Layout Randomization (ASLR) untuk mencegah serangan Return-to-libc buffer overflow.
-  Kernel Transaction Manager yang baru memungkinkan operasi transaksi atom melintasi berbagai obyek yang berbeda, terutama sekali sistem file (Transactional NTFS) dan operasi registry.
-   Deadlock Detection Technology merupakan teknologi baru yang akan melakukan pengecekan atas kondisi-kondisi deadlock (kebuntuan sistem) untuk pelaporan error Windows.

Kebutuhan perangkat keras
Menurut Microsoft, komputer yang dapat menjalankan Windows Vista diklasifikasikan sebagai "Vista Capable" dan "Vista Premium Ready"
Komputer "Vista Capable" memerlukan minimal prosesor 800MHz, 512MB RAM, dan kartu grafis dengan kelas DirectX 9. Namun klasifikasi ini tidak akan mampu untuk mendukung grafis high-end Vista, termasuk antarmuka Aero.
Komputer "Vista Premium Ready" memerlukan setidaknya prosesor 1GHz, 512 MB RAM, dan kartu grafis yang kompatibel dengan antarmuka Aero minimal 128MB serta mendukum WDDM yang baru.

Edisi-edisi Windows Vista
-    Windows Vista Starter
-    Windows Vista Home Basic
-    Windows Vista Home Premium
-    Windows Vista Busines
-    Windows Vista Enterprise
-    Windows Vista Ultimate

Referensi
1.    http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Vista


No comments: