Sunday, March 4, 2007

Text Mining dan Knowledge Discovery

Pesatnya pengunaan dan adopsi Internet telah memacu pertumbuhan dan pertukaran informasi yang sangat pesat dibandingkan era sebelumnya. Sebagai akibatnya, jumlah informasi terus meningkat secara exponensial. Walau perkembangan ini memungkinan informasi untuk di akses penguna dengan mudah, jumlah yang terkendalikan ini telah menimbulkan isu and tantangan yang besar. Tidak hanya di Internet, jumlah informasi, terutama dalam bentuk dokumen atau text, juga di hasilkan, di koleksi, dan di konsumsi dalam jumlah yang tidak kalah besar di berbagai institusi dan perusahaan. Akses dan pengunaan akan informasi text yang tidak lagi di dominasi oleh ahli riset, spesialis analisa dan informasi, dan librarian seperti di era sebelumnya telah membuat tantangan menjadi lebih komplex.

Untuk e-Kolokium text mining ini, saya akan memberikan gambaran secara garis besar terhadap bidang text mining yang sedang berkembang. Didalamnya, saya akan diskusikan issue dan tantangan yang dihadapi di bidang text mining. Untuk setiap tantangan, saya akan presentasikan solusi-solusi yang telah dihasilkan oleh ahli-ahli riset di dunia dan kekurangannya. Pada akhir makalah, saya akan ulas issue dan tantangan text mining yang saya hadapi sekarang, khususnya di bidang “knowledge discovery”.

Referensi :
1 http://soft-computing.org/tm.pdf

No comments: