Thursday, April 5, 2007

DATA WAREHOUSE DAN SISTEM KEAMANAN OLAP

 Abstraksi
    Keamanan data merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kerahasiaan informasi terutma yang berisi informasi sensitif yang hanya boleh diketahui oleh pihak yang berhak saja, apalagi pengirimannya dilakukan melalui jaringan publik, apabila keamanan data tersebut tidak maksimal maka data tersebut dapat disadap oleh pihak yang tidak berhak.
    Online Analytical Processing (OLAP) merupakan salah satu aplikasi keamanan memutuskan untuk mendukung system keamanan data warehouse dalam system database, ketika cakupan para pemakai da ta warehouse akses terus berkembang setelah sistem data warehouse dibangun dengan open source. Oleh sebab itu diperkenalkan metodologi disain keamanan OLAP, dan menghadirkan kemungkinan akses kontrol pada kompleksitas database. Mekanisme keamanan OLAP dan implementasinya dalam sistem komersil diteliti kemudian diperkenalkan, apakah memenuhi persyaratan kebutuhan atau tidak.

Pendahuluan
    Keterkaitan data warehouse dengan online analytical processing (OLAP) dengan cepat berkembang dalam beberapa kurun waktu. Pada sisi lain, sensitivitas keamanan informasi dan privacy juga sangat dibutuhkan.
    Tidak banyak pendekatan yang telah dibuat untuk mengintegrasikan dua bidang ini. Data warehouse dengan alami menciptakan security. Di lain pihak, kebutuhan agar semua data penting dapat diakses semudah mungkin. Sementara data ini pada umumnya sangat berharga dan sensitive.
    Konsep keamanan pada dasarnya sangat luas (mencakup isu sosial dan etis, isu moral, privacy dan undang-undang yang sah). Pada paper ini, di fokuskan pada sebagian besar tentang teknis otoritas dan akses kontrol.
    Penelitian security pada makalah ini dalam konteks mengarahkan untuk mempelajari pengintegrasian geographical information systems (GIS) dan teknologi data warehouse. Dimana kita bertanggung jawab pada integritas data dan keamanan. Konsep yang dikembangkan harus bisa diterapkan untuk semua aplikasi OLAP.

Referensi
1. http://www.olapcouncil.org
2. http://www.arborsoft.com/OLAP.html.
3. www.cert.or.id/~budi/courses/ec7010/dikmenjur-2004/supawi-
report.pdf



No comments: