Friday, April 20, 2007

PENGANTAR INTERNET

TEORI
    Istilah Internet pada mulanya diciptakan oleh para pengembangnya karena mereka memerlukan kata yang dapat menggambarkan jaringan dari jaringan- jaringan yang saling terkoneksi yang tengah mereka buat waktu itu. Internet merupakan kumpulan orang dan komputer di dunia yang seluruhnya terhubung oleh bermil-mil kabel dan saluran telepon, masing-masing pihak juga dapat berkomunikasi karena menggunakan bahasa yang umum dipakai.
    Jadi apakah yang dimaksud dengan Internet ? Pertama, Internet adalah kumpulan yang luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling bersambungan menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia. Kedua, Internet adalah seluruh manusia yang secara aktif berpartisipasi sehingga membuat Internet menjadi sumber daya informasi yang sangat berharga.
    INTERNET : merupakan suatu jaringan besar yang terbentuk dari jaringan-jaringan. Tak ada satu jaringan tunggal yang dikenal sebagai Internet, tetapi merupakan gabungan dari jaringan-jaringan regional seperti SuraNet, PrepNet, NearNet, AARNET, yang saling dikoneksikan bersama sebagai satu kesatuan dengan menggunakan TCP/IP Protocol. Seluruh aktifitas dilaksanakan secara real time. Jaringan-jaringan komputer tersebut saling berkomunikasi melalui gateway. atau terkadang disebut dengan router. Jaringan kecil yang terhubung tersebut lazim disebut dengan subnetwork. Sebagian besar dari jaringan tersebut berbicara dengan protocol TCP/IP. Di USA, Internet menggunakan NFSNET sebagai backbone, dan jaringan lainnya akan memiliki koneksi dengan NFSNET melalui gateway. NFSNET menggunakan T-3 leased line dengan kecepatan 44.736 Mbps. Pada saat ini sedang dikembangkan dengan menggunakan teknologi baru seperti Synchronous Optical Network (SONET), Asynchronous Transfer Mode (ATM), dan ANSI's proposed HIgh-Performance Parallel Interface (HPPI), kesemuanya dengan tujuan menaikkan kecepatan dan nilai keluaran hingga mencapai 1 Gbps.

Protocol dan Standardisasi
Secara konsep pelayanan di INTERNET :
Dalam mendisain sistem komunikasi komputer untuk kebutuhan internetworking yang heterogen ini disadari bahwa :
-   Tak ada jaringan :tunggal yang mampu melayani seluruh pengguna.
-   Para pengguna mengingini interkoneksi yang universal.
    Untuk memenuhi konsep tersebut dan pada batasan yang ada, maka dikembangkanlah TCP/IP. TCP/IP lazim disebut dengan open system karena tidak terbatas oleh satu vendor khusus, serta spesifikasinya tersedia untuk publik. Teknologi ini telah didisain untuk sistem komputer dan sistem operasi yang berbeda. TCP/IP digunakan untuk berkomunikasi antar jaringan yang saling diinterkoneksi. The Naional Science Foundation (NSF), Department of Defense (DOD), Department of Energy (DOE), Health and Human Service Agency (HH), National Aeronetics and Space Administration (NASA), menggunakan TCP/IP untuk membentuk internetworking , yang akhirnya dikenal dengan nama DARPA/NSF Internet, yang lebih jauh lagi dikenal sebagai INTERNET. TCP/IP menyediakan jasa pada level Network adalah :
-    Connectionless Packet Delivery System
-    Reliable Stream Transport Service
Ciri yang tampak pada TCP/IP ini adalah :
-    Universal Inteconnection
-    End-to -End Acknowledgement
-    Application Protocol Standard.
Organisasi yang memiliki keterlibatan dalam pengembangan INTERNET adalah :
-    Internet Society (ISOC)
-    Internet Architecure Board (IAB)
     -    Internet Engineering Task Force (IETF)
     -    Internet Research Task Force (IRTF).
Masing-masing memiliki steering group
-    Internet Engineering Steering Group (IESG)
-    Internet Research Steering Group (IRSG)

Memahami Internet

    Seluruh jaringan komputer di Internet saling berkomunikasi menggunakan standar protokol yang memungkinkan beragam jaringan komputer dan komputer yang berbeda untuk saling berkomunikasi. Protokol ini, secara resmi dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), merupakan cara standar untuk mempaketkan dan mengalamatkan data komputer (sinyal elektronik) sehingga data tersebut dapat dikirim ke komputer terdekat atau keliling dunia dan tiba dalam waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang.
    Komputer-komputer dalam Internet memiliki program khusus yang memungkinkan berkomunikasi dalam TCP/IP. Saat pengguna memiliki account di Internet, bisa dikatakan user tersebut meminjam tempat pada sebuah komputer yang berkomunikasi dengan TCP/IP. Komputer ini memungkinkan banyak orang menggunakanya pada saat yang bersamaan. Karena tidak mungkin setiap orang bisa duduk di depan komputer ini secara bersamaan, bisa digunakan komputer pribadi, sebuah saluran telepon, dan perangkat yang disebut modem, yang menerjemahkan sinyal komputer menjadi sinyal telepon dan sebaliknya. Saat sebuah komputer pribadi tersambung, komputer Internet (disebut host) menunggu pengguna untuk menekan tombol pada keyboard dan mengirimkan jawaban yang kemudian muncul di layar monitor user. Urutan koneksi ini memungkinkan user dapat memanfaatkan seluruh ragam sumber daya yang tersedia di Internet
Berikut ini penjelasan mengenai bagaimana ilusi dunia ini bekerja :
-  Untuk memindahkan data antara dua komputer yang berbeda dalam suatu jaringan yang terdiri dari banyak komputer, dibutuhkan alamat tujuan dan perantara untuk memindahkan sinyal elektronik pembentuk data secara aman dan langsung.
-   Internet menggunakan protokol untuk menjamin sampainya data secara aman di tempat tujuan. Pada TCP/IP ada dua bagian : TCP (Transmission Control   Protocol) dan IP (Internet Protocol).
-  Saat seorang pengguna Internet mengirim sekelompok teks ke mesin lain, TCP/IP mulai bekerja. TCP membagi teks tersebut menjadi paket-paket data kecil, menambahkan beberapa informasi (dapat dianggap sebagai pengiriman barang), sehingga komputer penerima memastikan bahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengiriman. IP menambahkan label yang berisikan informasi alamat pada paket tersebut.
-   Deretan paket-paket TCP/IP berjalan menuju tujuan yang sama dengan menggunakan berbagai jalur yang berbeda. Sebuah perangkat khusus yang disebut router dipasang di titik persimpangan antar jaringan dan memutuskan jalur mana yang paling efisien yang menjadi langkah berikut dari sebuah paket. Router membantu mengatur arus lalu lintas di Internet dengan membagi beban, sehingga menghindari kelebihan beban pada suatu bagian dari sistem yang ada.
-   Saat paket-paket TCP/IP tiba di tempat tujuannya, komputer akan membuka label alamat IP lalu menggunakan daftar pengiriman yang ada pada paket TCP untuk memeriksa apakah ada kerusakan paket yang terjadi selama pengiriman, dan menyusun kembali paket-paket tsb menjadi susunan teks seperti aslinya. Saat komputer penerima menemukan paket yang rusak, komputer tsb akan meminta komputer pengirim untuk mengirim salinan baru dari paket yang rusak.
-    Sebuah perangkat khusus yang disebut gateway memungkinkan beragam tipe jaringan yang ada di horison elektronik untuk berkomunikasi dengan Internet menggunakan TCP/IP. Gateway menerjemahkan protokol asli jaringan komputer tersebut menjadi TCP/IP dan sebaliknya.
-    Bagi seorang pemakai, Internet hadir seperti jaringan global raksasa yang tidak terbatas, yang langsung merespon jika diminta. Komputer, gateway, router, dan protokol yang membuat ilusi ini bekerja.

Metoda pengalamatan di Internet

    Alamat merupakan bagian penting dari apapun yang dikerjakan secara virtual di Internet. Setiap interaksi yang dilakukan dengan orang atau mesin lain akan membutuhkan sebuah alamat. IP dalam TCP/IP merupakan mekanisme untuk memberikan alamat bagi komputer-komputer di Internet. Pembungkus IP pada sebuah paket merupakan label alamat yang memberitahu darimana informasi tersebut dikirim.Pada sistem internet diingini setiap mesin memiliki suatu penamaan yang universal yang disebut dengan name atau address. Alamat Internet terdiri dari dua bentuk yaitu : alamat fisik yang dimengerti oleh mesin (dinyatakan sebagai angka) dan yang dapat digunakan orang dengan mudah (dinyatakan sebagai kata).

Internet Numbers (IP Number)
    Setiap host pada jaringan TCP/IP internet diberikan suatu alamat yang khas 32-bit yang digunakan dalam berkomunikasi dengan host tersebut. Setiap mesin di Internet memiliki satu address yang unik yang disebut dengan Internet number atau IP address. Yang terdiri dari 32 bit yang biasanya dinyatakan dalam 4 angka yang dihubungkan dengan titik (.), misal 147.31.254.130. Setiap bagian disebut dengan octet mewakili satu dari 4 set dari 8 bit. Bagian pertama, kedua atau ketiga memunjukkan network dari system tersebut dibubungkan, biasa disebut dengan subnet.Kelemahan : Jika host pindah dari suatu network ke lainnya maka pengalamatannya harus berubah.

Username
    adalah kata yang menginformasikan tentang orang yang memiliki account Internet. Username adalah nama yang anda gunakan untuk mengidentifikasikan siapa anda pada saat anda logging in ke komputer yang tersambung ke Internet. Pada saat Internet account dibuat,biasanya dapat dipilih username pribadi. Host adalah mesin tersendiri yang terletak pada lokasi tertentu. Host dapat dibayangkan sebagai bangunan apartemen besar, sedangkan Internet account adalah sebuah apartemen dalam bangunan tersebut. Host dan jaringan lokal dikelompokkan menjadi domain, yang kemudian dikelompokkan menjadi satu atau beberapa domain yang lebih besar. Domain dapat dibayangkan sebagai suatu kompleks apartemen, sebuah kota, atau sebuah negara. Bagian terakhir dari alamat Internet menunjukkan domain terbesar.

NameServer
    Untuk menterjemahkan dari alamat logis yang berupa nama user@host.subdomain.domain menjadi IP number hingga dimengerti oleh mesin, digunakan DNS Server. Masing-masing nama DNS server dibedakan dalam area jaringan atau seluruh domain, jika jaringan ini kecil).Sekumpulan mesin akan diatur oleh name server yakni zone. Terdapat beberapa zone yang diatur oleh name server. Dengan masing-masing zone, terdapat hampir selalu menandakan name server sekunder atau cadangan., dengan dua (primer dan sekunder). Name server menangani informasi yang sama. Name server dengan zone berkomunikasi menggunakan zone transfer protocol.
    DNS bekerja dengan mempunyai sekumpulan jaringan zone. Masing-masing server berkomunikasi dengan satu di atasnya (dan jika ada name server di bawahnya). Masing-masing zone mempunyai paling sedikit name server yang bertanggung jawab untuk mengenali informasi alamat pada setiap mesin dengan zone. Masing-masing name server juga dikenal dengan paling sedikit dengan name server yang lain. Pesan-pesan diantara name server kadang kadang digunakan untuk user datagram protocol (UDP) karena metode connectionless untuk menghasilkan kinerja yang baik. Kadang-kadang TCP digunakan untuk memperbaharui database karena kestabilannya.

Referensi :
1. ftp://nysernet.org/pub/guides/surfing.2.0.3.txt
2. ftp://ftp.uu.net/doc/internet/zen-1.0.txt.Z


No comments: